Minggu, 07 Juli 2013

Sambut Berkah Ramadhan



Ramadhan sebentar lagi… Ramadhan sebentar lagi… *nyanyigakjelas*
Yohooooo!!! Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan, bulan penuh kesucian dan kesejukan akan hadir menemani kita semua. Selama Ramadhan, ibadah yang wajib dilaksanakan umat muslim nggak lain dan nggak bukan ialah berpuasa. Wajib hukumnya.

Sesuai Firman Allah yang terdapat pada Q.S. Al-Baqoroh ayat 183 yang berbunyi:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Ayat di atas merupakan dalil naqli perintah berpuasa. Jelas banget kan sob perintah puasa ditujukan untuk orang-orang bertaqwa. Puasa juga merupakan sarana untuk lebih meningkatakan derajat ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Sesungguhnya derajat orang-orang tertinggi di Mata Allah ialah orang yang bertaqwa. Nah kebayang kan sob kalo kita berpuasa dengan ikhlas karena Allah ta’ala, insyaAllah kita semua akan menjadi orang yang benar-benar taqwa Amin.


Inti puasa adalah melatih diri supaya mampu menunda kenikmatan sementara dan mengendalikan diri dari segala perbuatan yang tercela dalam rangka mentaati Allah dan Rasulullah. Sekedar nge-share aja, keutamaan orang yang berpuasa di Bulan Ramadhan antara lain :
1.    Dijauhkan dari api neraka
2.    Pahalanya langsung diberikan Allah
3.    Puasa sebagai perisai diri
4.    Pahalanya dilipatgandakan
5.    Memperoleh dua kebahagiaan (saat berbuka dan saat berjumpa Rabbnya)
6.    Diampuni dosa-dosa yang lalu
7.    Bulan penuh rahmat
8.    Mendapat keistimewaan surga
9.    Dapat membentuk karakter yang mulia

Ada satu malam istimewa yang terdapat pada malam-malam ganjil 10 hari terakhir Bulan Ramadhan. Yak, betul sekali, Lailatul Qadr. Lailatul Qadr adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan (83 tahun). Pada malam itulah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama yaitu Q.S. Al-Alaq 1-5. Inti dari Lailatul Qadr sendiri adalah malam yang penuh kemuliaan, dimana semua ibadah akan dilipatdandakan pahalanya. Selain Lailatul Qadr, sesungguhnya Allah telah menyediakan kesempatan yang melimpah ruah saat bulan Ramadhan. Adapun kesempatan itu meliputi :
a.    10 hari pertama        : hari penuh rahmat
b.    10 hari kedua           : hari penuh maghfirah (ampunan)
c.    10 hari terakhir         : hari di mana dijauhkan dari api neraka
  (dianjurkan untuk beri’tikaf di masjid)
Ada ibadah-ibadah lain yang identik dengan Bulan Ramadhan, seperti sholat tarawih, membayar zakat, dan kawan-kawan. Makanya mulai sekarang persiapkan diri untuk menyambut bulan penuh berkah itu sob. Hanya 1 bulan dalam setahun. Momen-momen indah dimana pintu pahala akan dibuka selebar-lebarnya oleh Allah. Bersihkan diri sucikan hati. Tingkatkan amal ibadah. Tetapi selepas Ramadhan, ibadah-ibadah sunah seperti sholat dhuha jangan ditinggalkan ya sob, harus tetap dijaga. Rasulullah bersabda: ibadah yang sebaik-baiknya ialah ibadah yang cukup tetapi beristiqomah.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar