Sabtu, 23 Februari 2013

Waspada, Penyakit Khas Musim Hujan!


Hey Sob, ketemu lagi :D
Akhir-akhir ini cuaca extreme sering banget terjadi. Pas cuaca panas eh tiba-tiba ujan. Pas musim hujan malah hujannya nggak nongol-nongol. Tau kan, bulan Oktober-April itu jadwalnya musim hujan. Nah, di Bulan Februari ini hujannya disertai angin yang super wow._. Biasanya kalo musim hujan penyakit-penyakit sering bermunculan. Cuma mau nge-share aja nih, berikut beberapa penyakit khas musim hujan. Cekidot.


1.    Flu, Batuk, Pilek, dkk :p
Cuaca dingin merangsang tubuh untuk selalu dalam keadaan hangat. Namun, kekebalan tubuh masing-masing orang tentu berbeda. Penyakit ringan seperti flu, batuk, dan pilek ini sering menyerang saat musim hujan. Gejalanya cukup umum seperti demam, pusing/pening, disertai ingus yang terus meler :p Pengobatannya cukup menjaga pola makan, banyak istirahat dan minum obat bila perlu.

2.    Masuk Angin
Masuk angin merupakan penyakit umum yang sering diderita masyarakat. Penyakit ini satu kerabat dengan flu, batuk, dan pilek. Gejalanya hampir sama dengan flu yaitu demam, pusing/pening, disertai tidak badan. Faktor penyebabnya biasanya karena kecapekan, pola kebiasaan hidup yang kurang baik, atau sistem kekebalan tubuh yang menurun.

3.    Diare
Diare sangat erat kaitannya dengan kebersihan individu (personal hygiene). Pada musim hujan dengan curah hujan yang tinggi, potensi banjir meningkat. Pada saat banjir, sumber-sumber air minum menjadi tercemar. Oleh sebab itu, persediaan air bersih menjadi sangat terbatas. Itu semua menjadi potensial timbulkan penyakit diare disertai penularannya yang cepat.


4.    Leptospirosis
Leptospirosis (kencing tikus) merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. yang ditularkan dari hewan ke manusia, atau sebaliknya. Bakteri ini mudah berkembang biak pada lingkungan yang becek, berlumpur, dan kotor. Saat banjir, air kencing tikus terbawa arus dan dapat masuk ke tubuh manusia melalui permukaan kulit yang terluka, selaput lendir mata, dan hidung. Gejala penyakit ini antara lain tubuh menggigil, sakit kepala, dan otot pada betis serta mata tampak merah atau kekuning-kuningan. Penyakit ini harus segera diatasi karena bisa mengakibatkan komplikasi ke organ lain, seperti hati, jantung, bahkan ginjal. Cara pencegahannya, biasakan cuci tangan dan kaki setelah beraktivitas di luar atau terkena genangan air banjir.
5.    Scabies
Scabies adalah penyakit gatal-gatal pada kulit yang dikarenakan tungau. Gejalanya dapat diidentifikasi dengan timbulnya rasa gatal yang sering. Penyakit ini dapat menjadi parah apabila tidak segera diobati. Pencegahannya dapat dengan mengobati kulit yang gatal dan mencuci barang-barang  yang diperkirakan menjadi tempat berkembangnya tungau atau hewan kecil penyebab scabies.

6.    Cikungunya
Nama penyakit ini sudah tak asing lagi di telinga kita. Cikungunya disebabkan oleh virus cikungunya, juga ditularkan ke manusia oleh namuk Aedes Aegypti. Gejalanya demam mendadak, nyeri pada persendian terutama pada lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang, disertai ruam (bintik-bintik kemerah-merahan) pada kulit. Gejala lainnya adalah nyeri otot, sakit kepala, menggigil, kemerahan pada selaput mata, pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher, mual, muntah, dan kadang-kadang disertai gatal pada ruam. Dari sekian banyak gejala, nyeri sendi merupakan gejala yang paling menonjol.

7.    Demam Berdarah Dangue (DBD)
Pada saat musim hujan, banyak sampah seperti kaleng bekas, ban bekas, dan tempat-tempat tertentu yang terisi air menyebabkan terjadinya genangan selama beberapa waktu. Genangan itulah yang akhirnya menjadi tempat berkembang biak nyamuk terutama nyamuk Aedes Aegypti. Dengan meningkatnya populasi nyamuk sebagai penular penyakit, risiko terjadinya penularan juga semakin meningkat.


Nah sob, itu tadi sekilas informasi tentang beberapa penyakit yang menyerang saat musim hujan. Dengan selalu menjaga kebersihan serta pola makan dan istirahat yang cukup, nggak ada kata untuk nggak sehat. Hidup sehat itu nikmat :)


Sumber :
http://onthespot7langka.blogspot.com/2012/12/7-penyakit-yang-sering-menyerang-di.html
http://www.tribunnews.com/2012/11/21/ini-dia-penyakit-khas-di-musim-hujan

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar